Sabtu, 22 Juni 2013

Komunikasi Antar Pribadi


Pengertian komunikasi antar pribadi
Komunikasi antarpribadi : 
     komunikasi yang dilakukan antara seseorang dengan orang lain dalam suatu masyarakat atau organisasi dengan mengunakan media tertentu dan bahasa yang mudah dipahamiutk mencapai tujuan tertentu.

Ada 4 hal penting dalam komunikasi:
1)     Komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih.
2)     Mengunakan media tertentu (telp atau tatap muka)
3)     Bahasa sederhana tidak baku campuran
4)     Tujuan komunikasi bebas bs bersifat pribadi

Tujuan komunikasi antar pribadi
}  menyampaikan informasi
}  berbagi pengalaman
}  menumbuhkan simpati
}  melakukan kerjasama
}  menumbuhkan motivasi
}  keluh kesah

Gaya kepemimpinan
}                       Gaya kepemimpinan pada dasarnya merupakan suatu cara bagaimana seorang pemimpin mempengaruhi,mengarahkan,memotivasi dan mengendalikan bawahan dengan cara tertentu sehingga dapat menyelesaikan tugas pekerjaannya secara efektif dan efisien (gaya kepemimpinan mempengaruhi sikap dan perilaku bawahanya
      >kepemimpinan terjadi karena ada nteraksi manajer,bawahan,lingkungan/situasi

} Teori x dan y douglas mc gregor : 
didasarkan pada asumsi tentang para karyawan dan bagaimana memotivasi.

}  Empat gaya kepemimpinan ludlow dan paton:
1.)   Pengarahan
2.)   Pembekalan
3.)   Dukungan
4.)   pendelegasian

Gaya kepemimpinan situasional
}   Dalam prakteknya gaya kepemimpinan yg diterapkan seorang manajer dapat saja berubah seiring dengan  perubahan dinamika yg berkembang dalam diri para karyawan.

}   Harsey dan blancard ada 3 kemampuan atau ketrampilan dlm penerapan kepemimpinan situasional:
1.)   ketrampilan analitik
2.)   ketrampilan fleksibilitas
3.)   ketrampilan komunikasi

Kepemimpinan inti
}  Dalam suatu lingkungan kerja gaya kepemimpinan tidak sama seorang manajer harus dapat memahami dengan baik dan tepat lingkungan kerja yang ada termasuk memahami karakter bawahan.

}  Hellriegel dan slocum :
      seorang manajer yg baik harus memiliki 5 kemampuan yg disebut keahlian kepemimpinan inti:
1.)   pemberdayaan.
2.)   Intuisi
3.)   pemahaman diri
4.)   visi
5.)   kesesuaian nilai

Teori dua factor
}  Herzberg:dalam menuaikan tugas pekerjaan karyawan dipengaruhi dua faktor yaitu faktor hygiene(sumber ketidakpuasan kerja) dan faktor motivator(sumber kepuasan kerja).

Mendengar sebagai keahlian antarpribadi
}  Lehman,himstreet,baty:kebiasaan mendengar yg efektif akan menghasilkan hal positif:
1.)   pendengar yg baik disukai orang
2.)   kinerja kerja karyawan meningkat
3.)   terhindar dari kesalahpahaman
4.)   pendengar yg baik bisa menilai fakta atau gosip
5.)   pendengar yg baik bs mendapat ide baru

3 komentar: