Pengertian
komunikasi bisnis
• Himstree
dan baty :
komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu
melalui suatu sistem yang biasa baik dengan simbol2,sinyal2,maupun perilaku
atau tindakan.
•
Bovee:
komunikasi
adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan.
•
pada umumnya komunikasi dilakukan dua orang
atau lebih dan proses pemindahan pesannya dapat dilakukan dengan mengunakan
cara berkomunikasi yg biasa dilakukkan oleh seseorang melalui lisan tulisan
maupun sinyal2 non verbal.
Dalam
dunia praktis:
• A.komunikasi antar pribadi
– Bentuk komunikasi yg dilakukan oleh
dua orang atau lebih dengan mengunakan bahasa mudah dipahami kedua belah pihak
dan cenderung fleksibel dan informal
• B.komunikasi lintas budaya
–
Komunikasi
yg dilakukan dua orang atau lebih yang masing2 memiliki budaya yg berbeda karena perbedaan geografis tempat tinggal :
antar wilayah,antar daerah,antar negara
antar wilayah,antar daerah,antar negara
Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi yg digunakan dalam dunia bisnis
yg mencangkup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun
komunikasi non verbal utk mencapai tujuan tertentu
Bentuk
dasar komunikasi
• Verbal : tertulis
maupun lisan
• Nonverbal : bahasa tubuh,gerakan2
Pentingnya
komuniksi verbal
• Artinya untuk menyampekan perasaan
dan emosi,mendeteksi kecurangan atau kejujuran serta sifat yg efisien.
Tujuan
komunikasi verbal
• Memberi informasi
• Mengatur alur percakapan
• Expresi
• Memberi sifat melengkapi pesan
• Mempengaruhi orang lain
Proses
komunikasi
• Pengirim mempunyai ide
• Mengubah ide menjadi pesan
• Pemindahan pesan
• Penerima menerima pesan
• Penerima menafsirkan pesan
• Penerima memberi tanggapan dan mengirimkan umpan balik kepada pengirim pesan
• Penerima memberi tanggapan dan mengirimkan umpan balik kepada pengirim pesan
Munculnya kesalahan komunikasi
•Masalah dalam mengembangkan pesan:
1)
Keraguan
isi pesan
2)
Asing
dengan situasi yg ada
3)
Pertentangan
emosi
4)
Sulit
mengekpresikan ide gagasan
•Masalah dalam penyampaian pesan
– Berkaitan dengan sarana fisik untuk
berkomunikasi
•Masalah dalam menerima pesan
a)
Adanya
persaingan penglihatan dan pendengaran
b)
Kondisi
lingkungan
•Masalah dalam menafsirkan pesan
1)
Perbedaan
latar belakang
2)
Perbedaan
penafsiran
3)
Perbedaan tanggapan
Memperbaiki
komunikasi
• Persepsi > memprediksi apakah pesan yg disampaikan diterima
• Ketepatan > mengekpresikan sesuai kerngka pikir
• Kredibilitas > pesan benar akurat dapat dipertanggung jawabkan
• Pengendalian > dengan humor intermeso
• Keharmonisan > menjaga hubungan dengan audien
Mengatasi
hambatan komunikasi
• Membuat pesan lebih hati2
• Minimalisasi gamngguan proses
komunikasi
• Mempermudah umpan balik
Pengertian
komuniksi bisnis lintas budaya
komuniksi
bisnis lintas budaya :
adalah komunikasi yg digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun non verbal dengan memperhatikan faktor budaya disuatu daerah wilayah atau negara.
adalah komunikasi yg digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun non verbal dengan memperhatikan faktor budaya disuatu daerah wilayah atau negara.
Memahami
budaya dan perbedaannya
Setiap negara memiliki budaya
sendiri yang berbeda pemahaman terhadap budaya dan perbedaanya menjadikan bahan
yg sangat berharga ketika menjalin suatu kerjasama
1.
lehman,himstreet
dan baty:
budaya diartikan sebagai sekumpulan pengalaman hidup yg ada dalam
masyarakat mereka sendiri >perilaku dan keyakinan
2.
bovee
dan thill:
simbol2,kepercayaan,sikap,nilai,harapan dan norma utk berperilaku
3.
mitchel:
seperangkat
nilai inti kepercayaan standar,pengetahuan moral hukum dan perilaku yg
disampaikan oleh individu dan masyarakat yg menentukan bagaimana seseorang
bertindak,berperasan,dan memandang diriya serta orang lain
Komponen
budaya
•mitchel:
komponen budaya : bahasa,kepercayaan,sopan santun,adat istiadat,seni,pendidikan,humor,organisasi sosial.
komponen budaya : bahasa,kepercayaan,sopan santun,adat istiadat,seni,pendidikan,humor,organisasi sosial.
•cateora:
komponen budaya : budaya material,lembaga sosial,sistem kepecayaan,estetika,bahasa
komponen budaya : budaya material,lembaga sosial,sistem kepecayaan,estetika,bahasa
A.
Budaya material dibedakan menjadi2:
§ teknologi :
cara yg digunakan utk mengubah atau membentuk material menjadi suatu produk yg dapat berguna bagi masyarakat>agar tdk gaptek
cara yg digunakan utk mengubah atau membentuk material menjadi suatu produk yg dapat berguna bagi masyarakat>agar tdk gaptek
§ ekonomi :
suatu cr orang mengunakan segala kemampuan utk menghasilkan suatu yg bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain>kreasi sesuaikan budaya stempat
suatu cr orang mengunakan segala kemampuan utk menghasilkan suatu yg bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain>kreasi sesuaikan budaya stempat
B.
Organisasi
sosial:
suatau lembaga yg berkaitan dengan cara bagaimana sesorang berhubungan
dengan orang lain,mengorganisasikan kegiatan mreka utk dapat hidup secara
harmonis dengan yg lain danmengajar perilaku yg dapat diterima oelh generasi
berikutnya
C.
Sistem
kepercayaan:
keyakinan yang dianut oleh suatu masyarakat akan berpengaruh
terhadap sistem nilai yg ada dimasyarakat>haram,tabu
D.
estetika:
berkaitan
dengan seni,dongeng,legenda,hikayat,musik,seni,tari2
E.
bahasa:
suatu
cara yg digunakan seseorang dalam mengungkapkan sesuatu melalui simbol simbol
tertentu pada orang lain
Tingkatan
budaya
• Murphy dan hildebrandt ada tingkatan
budaya:
1. formal:
sebuah tradisi atau kebiasaanyg dilakukan oleh suatu masyarakat yg turun temurun dari satu generasi ke generasi yg bersifat resmi
Contoh : salam
sebuah tradisi atau kebiasaanyg dilakukan oleh suatu masyarakat yg turun temurun dari satu generasi ke generasi yg bersifat resmi
Contoh : salam
2. informal:
budaya yg lebih banyak diteruskan oleh suatu masyarakat dari generasi ke generasi berikutnya melalui apa yg didengar dipakai dan dilakukan tanpa diketahui alasanya mengapa hal tersebut dilakukan
Contoh : janur kuning
budaya yg lebih banyak diteruskan oleh suatu masyarakat dari generasi ke generasi berikutnya melalui apa yg didengar dipakai dan dilakukan tanpa diketahui alasanya mengapa hal tersebut dilakukan
Contoh : janur kuning
3. teknis:
bukti aturan merupakan hal penting mengapa boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan
bukti aturan merupakan hal penting mengapa boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan
Mengenal
perbedaan budaya
1. nilai sosial
2. peran dan status
3. pengambilan keputusan
4. konsep waktu
5. konsep jarak komunikasi
6. kontek budaya
7. bahasa tubuh
8. perilaku sosial
9. perilaku etis
10 perbedaan budaya perusahaan
Komunikasi
dengan orang berbudaya asing
1. bahasa
2. sejarah budaya
3 agama
4. politik
5. nilai
6. adat istiadat
Negosiasi
lintas budaya
Moran,stahl dan boyer international
bergerak dibidang pelatihan lintas budaya membedakan budaya dalam 2 kelompok:
1) budaya permukaan > makanan,liburan,gaya
hidup
2) budaya tinggi > sikap ,nilai2
Ka aku izin copy ya...
BalasHapusBefore Thank you very MUCH......
Bagus & Lengkap Referensinya......
:-):-):-) SEMANGAT
Mohon Izin copy gan..
BalasHapusTerima Kasih.
sangat membantu
BalasHapus