Sabtu, 22 Juni 2013

Memahami Komunikasi Bisnis Dan Lintas Budaya


Pengertian komunikasi bisnis
      Himstree dan baty :
komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa baik dengan simbol2,sinyal2,maupun perilaku atau tindakan.
       Bovee:
komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan.
        pada umumnya komunikasi dilakukan dua orang atau lebih dan proses pemindahan pesannya dapat dilakukan dengan mengunakan cara berkomunikasi yg biasa dilakukkan oleh seseorang melalui lisan tulisan maupun sinyal2 non verbal.

Dalam dunia praktis:
       A.komunikasi antar pribadi
        Bentuk komunikasi yg dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan mengunakan bahasa mudah dipahami kedua belah pihak dan cenderung fleksibel dan informal
       B.komunikasi lintas budaya
      Komunikasi yg dilakukan dua orang atau lebih yang masing2 memiliki budaya yg berbeda karena perbedaan geografis tempat tinggal :
antar wilayah,antar daerah,antar negara

Pengertian Komunikasi Bisnis
     Komunikasi yg digunakan dalam dunia bisnis yg mencangkup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal utk mencapai tujuan tertentu

Bentuk dasar komunikasi
       Verbal                   : tertulis maupun lisan
       Nonverbal              : bahasa tubuh,gerakan2

Pentingnya komuniksi verbal
       Artinya untuk menyampekan perasaan dan emosi,mendeteksi kecurangan atau kejujuran serta sifat yg efisien.

Tujuan komunikasi verbal
       Memberi informasi
       Mengatur alur percakapan
       Expresi
       Memberi sifat melengkapi pesan
       Mempengaruhi orang lain

Proses komunikasi
       Pengirim mempunyai ide
       Mengubah ide menjadi pesan  
       Pemindahan pesan
       Penerima menerima pesan
       Penerima menafsirkan pesan 
       Penerima memberi tanggapan dan mengirimkan umpan balik kepada pengirim pesan

Munculnya kesalahan komunikasi
Masalah dalam mengembangkan pesan:
1)      Keraguan isi pesan
2)      Asing dengan situasi yg ada
3)      Pertentangan emosi
4)      Sulit mengekpresikan ide gagasan

Masalah dalam penyampaian pesan
      Berkaitan dengan sarana fisik untuk berkomunikasi

Masalah dalam menerima pesan
a)      Adanya persaingan penglihatan dan pendengaran
b)      Kondisi lingkungan

Masalah dalam menafsirkan pesan

1)      Perbedaan latar belakang
2)      Perbedaan penafsiran
3)      Perbedaan tanggapan

Memperbaiki komunikasi
       Persepsi              > memprediksi apakah pesan yg disampaikan diterima
       Ketepatan            > mengekpresikan sesuai kerngka pikir
       Kredibilitas          > pesan benar akurat dapat dipertanggung jawabkan
       Pengendalian       > dengan humor intermeso
       Keharmonisan     > menjaga hubungan dengan audien

Mengatasi hambatan komunikasi

       Membuat pesan lebih hati2
       Minimalisasi gamngguan proses komunikasi
       Mempermudah umpan balik


Pengertian komuniksi bisnis lintas budaya
   komuniksi bisnis lintas budaya :
        adalah komunikasi yg digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun non verbal dengan memperhatikan faktor budaya disuatu daerah wilayah atau negara.

Memahami budaya dan perbedaannya
    Setiap negara memiliki budaya sendiri yang berbeda pemahaman terhadap budaya dan perbedaanya menjadikan bahan yg sangat berharga ketika menjalin suatu kerjasama
1.       lehman,himstreet dan baty:                 budaya diartikan sebagai sekumpulan pengalaman hidup yg ada dalam masyarakat mereka sendiri >perilaku dan keyakinan
2.       bovee dan thill:                 simbol2,kepercayaan,sikap,nilai,harapan dan norma utk berperilaku
3.       mitchel:                 seperangkat nilai inti kepercayaan standar,pengetahuan moral hukum dan perilaku yg disampaikan oleh individu dan masyarakat yg menentukan bagaimana seseorang bertindak,berperasan,dan memandang diriya serta orang lain

Komponen budaya
mitchel:
komponen budaya : bahasa,kepercayaan,sopan santun,adat istiadat,seni,pendidikan,humor,organisasi sosial.
cateora:
komponen budaya : budaya material,lembaga sosial,sistem kepecayaan,estetika,bahasa

A.      Budaya material dibedakan menjadi2:
§  teknologi :
cara yg digunakan utk mengubah atau membentuk material menjadi suatu produk yg dapat berguna bagi masyarakat>agar tdk gaptek
§ ekonomi :
suatu cr orang mengunakan segala kemampuan utk menghasilkan suatu yg bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain>kreasi sesuaikan budaya stempat

B.      Organisasi sosial:                 suatau lembaga yg berkaitan dengan cara bagaimana sesorang berhubungan dengan orang lain,mengorganisasikan kegiatan mreka utk dapat hidup secara harmonis dengan yg lain danmengajar perilaku yg dapat diterima oelh generasi berikutnya

C.      Sistem kepercayaan:                 keyakinan yang dianut oleh suatu masyarakat akan berpengaruh terhadap sistem nilai yg ada dimasyarakat>haram,tabu

D.      estetika:                 berkaitan dengan seni,dongeng,legenda,hikayat,musik,seni,tari2

E.       bahasa:                 suatu cara yg digunakan seseorang dalam mengungkapkan sesuatu melalui simbol simbol tertentu pada orang lain


Tingkatan budaya
  Murphy dan hildebrandt ada tingkatan budaya:
1.       formal:
sebuah tradisi atau kebiasaanyg dilakukan oleh suatu masyarakat yg turun temurun dari satu generasi ke generasi yg bersifat resmi
Contoh : salam
2.       informal:
budaya yg lebih banyak diteruskan oleh suatu masyarakat dari generasi ke generasi berikutnya melalui apa yg didengar dipakai dan dilakukan tanpa diketahui alasanya mengapa hal tersebut dilakukan
Contoh : janur kuning
3.       teknis:
bukti aturan merupakan hal penting mengapa boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan

Mengenal perbedaan budaya
1.  nilai sosial
2.  peran dan status
3.  pengambilan keputusan
4.  konsep waktu
5.  konsep jarak komunikasi
6.  kontek budaya
7.  bahasa tubuh
8.  perilaku sosial
9.  perilaku etis
10  perbedaan budaya perusahaan

Komunikasi dengan orang berbudaya asing
1. bahasa
2. sejarah budaya
3  agama
4. politik
5. nilai
6.  adat istiadat

Negosiasi lintas budaya
   Moran,stahl dan boyer international bergerak dibidang pelatihan lintas budaya membedakan budaya dalam 2 kelompok:
1)      budaya permukaan  > makanan,liburan,gaya hidup
2)      budaya tinggi           > sikap ,nilai2



3 komentar:

  1. Ka aku izin copy ya...
    Before Thank you very MUCH......

    Bagus & Lengkap Referensinya......



    :-):-):-) SEMANGAT

    BalasHapus
  2. Mohon Izin copy gan..
    Terima Kasih.

    BalasHapus